Thursday 12 December 2013

RESENSI : ME AND LIONEL MESSI

JUDUL           : Me and Lionel Messi
PENULIS       : Veronica W.
PENERBIT     : DAR! Mizan
TERBIT          : Agustus 2011
TEBAL           : 148 halaman


Me and Lionel Messi adalah sebuah kumpulan cerita dengan tokoh utama bernama Lintang, siswa kelas 5. Isinya seputar kejadian yang dialami Lintang di rumah, sekolah, lapangan bola, tempat kemping dan sebagainya. Keduabelas kisah dalam buku ini lucu dan konyol. Lebih seru lagi karena akhir ceritanya selalu tak terduga. Bahkan, membuat Lintang sendiri bengong.

Simak saja cerita Bungkus Cokelat-Bergambar-Hati. Lintang jadi keki. niat baiknya berbagi cokelat dengan Jalu, sahabatnya, malah ditertawakan. Pasalnya bungkus cokelat itu bergambar hati. Setelah membuang bungkus cokelat itu, Lintang malah menyesal dan ingin mendapatkan bungkus itu kembali. Ia mati-matian menemukan bungkus cokelat Swiss itu. Bukan Lintang namanya kalau tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Namun, saat memberikannya pada Nadia, si pengoleksi bungkus cokelat, Lintang jadi salah tingkah. Nah, lho, kenapa coba?

Aksi antik Lintang lainnya saat mengubur harta karun di belakang rumah. Gerhana yang polos, sampai meniru kakaknya mewariskan barang berharga untuk anak cucu mereka. Tentu saja, isi harta karun itu membuat Ayah Ibu geleng-geleng kepala.

Kisah-kisah Lintang dalam buku ini sangat menghibur dan lucu. Ada banyak pelajaran menarik yang bisa dipetik. Ceritanya mengalir tanpa menceramahi pembaca cilik. Lintang digambarkan banyak ide, pantang menyerah, meski kadang caranya nyeleneh. Dia mewakili sifat anak-anak pada umumnya: ketua kelas yang pintar, jago main bola. Namun dia juga memiliki kepolosan sebagai bocah sekolah dasar. Dia rela membeli sekardus keripik kentang hanya untuk mendapatkan huruf M agar bisa berjumpa dengan Lionel Messi. Atau kenaifan Lintang memakai kaos kaki keberuntungannya sepanjang waktu agar selalu menang.

Sebagai pembelajar cerpen anak, aku membaca banyak pelajaran dari buku ini. Yang paling utama adalah Veronica W, sebagai penulisnya sangat menjiwai karakter anak-anak dalam cerita itu. Ketika karakter sudah ditangan, Lionel Messi, cempal dapur sampai harta karun bisa dimunculkan sebagai ide cerita. Yang paling unik, setiap ending cerita membuat pembaca senyum geli. Tidak terduga sebelumnya. (*)

No comments: