Sunday 30 October 2016

Dongeng Bobo Lodik Landak




LODIK LANDAK
Majalah Bobo nomer 21, Kamis 01 September 2016

Lodik si landak semak senang berteman dengan Pipin yang baik hati. Namun dia kasihan dengan Pipin yang kena marah ibunya karena dia. Gara-garanya tuh, ada kejadian gawat bin menjengkelkan. Ladang sayuran Pipin digasak maling. Ibu mengira Lodik-lah pelakunya. Tapi Pipin tidak percaya. Nah, siapa coba pelakunya? Lodik pun tak mau tinggal diam. Dia harus menangkap pencuri sebenarnya. ...


Ide cerita tentang landak ini berawal dari hobi browsing tentang binatang unik di dunia. Ternyata di dunia ini tidak hanya ada satu dua binatang unik. Namun setiap binatang memiliki keunikan mereka sendiri-sendiri. Subhanallah banget. Tidak ada satu pun ciptaan Allah SWT yang sia-sia. Termasuk juga kalian semua ditakdirkan lahir dan tinggal di bumi Indonesia tercinta untuk sebuah tujuan mulia. 

Ngobrol-ngobrol tentang landak, binatang ini memiliki kulit berduri untuk sebuah tujuan. Apalagi kalau bukan untuk melindungi diri dari predator. Jadi ketika ada mangsa mendekat, landak akan menegangkan otot-otot punggung dan pantatnya sehingga seperti bola berduri. Kalau menusuk kulit predator, bisa dibayangkan sakitnya. Infeksi yang ditimbulkan oleh luka duri landak juga bisa membuat predator mati. Tentu saja predator akan berpikir dua kali untuk memakan si bola berduri landak. Unik bukan senjata si landak? Sampai-sampai ada cerita kartun berjudul Sonic The Hedgehedog, si pahlawan pembela kebenaran dengan senjata duri-durinya.  

Mari kuajak serta mengenal lebih jauh tentang landak yang imut dan pemalu ini. Landak termasuk binatang pengerat, masih satu keluarga dengan kapibara dan berang-berang. Hewan ini melahirkan anaknya setelah tujuh bulan dikandung. Sekali melahirkan satu anak saja. Yang unik dari anak landak adalah durinya. Saat dilahirkan duri anak landak masih lembut sekali. Namun duri bayi landak akan mengeras setelah satu jam dilahirkan. Dalam dua hari, bayi landak sudah bisa mencari makan sendiri meskipun masih mengikuti induknya selama kurang lebih enam bulan.

Karena termasuk binatang herbivora, makanan utama landak adalah rumput-rumputan, daun dan semak. Landak bisa ditemui di belahan bumi manapun. Mulai dari Afrika, Eropa, Asia, Amerika, dan Australia. Habitat mereka di hutan, padang rumput dan gurun. Warna tubuh dan duri landak di setiap wilayah juga berbeda-beda, antara putih, abu-abu, atau coklat.  Apa warna landak yang pernah kalian temui? (*)

Baca juga ide cerita ini:
Cerber Petualangan Torei 01-02
Cerpen Kompas Anak Oto-Bot

Baca juga cerpen dan dongeng ini:

No comments: