Thursday, 15 December 2016

Dongeng Bobo Lomba Lari Cheetah


Majalah Bobo no 35 terbit Kamis 08 Desember 2016




Cyra, Teena, Mugo, dan Lego keluarga cheetah di Hutan Rimbaleon. Mereka sedang menyiapkan diri untuk lomba lari. Siapa tercepat akan mendapat gelar super cheetah.

Tau kan, cheetah adalah pelari tercepat di darat. Bahkan kecepatannya melebihi mobil balap ferari, lho. Jadi ceritanya disini nih, semua anak-anak cheetah berlomba-lomba latihan untuk mendapat gelar juara super cheetah. Bahkan ada yang berupaya membuat ekor mereka lentur untuk memudahkan lari keliling hutan. Coba tebak siapa yang mendapatkan gelar juara? Baca ya dongeng "Lomba Lari Cheetah" di majalah Bobo.

Ide dongeng ini saya dapatkan sehabis menonton video national geography tentang binatang Afrika sambil menemani para keponakan yang hobi nonton aneka satwa. Dunia binatang memang sangat dekat dan disukai anak-anak. Mungkin karena binatang-binatang tersebut imut, lucu dan punya keahlian tertentu membuat anak-anak nonton sambil takjub-takjub. Lalu...



Jadilah di kepala ini berputar membuat dongeng bertema cheetah yang punya keahlian khusus sebagai pelari tercepat di bumi. Ekor mereka yang lentur dan ramping memberikan kemudahan bagi cheetah berbelok dan mengatur kecepatan lari mereka. Berbeda dengan singa atau harimau yang memburu mangsa dengan cara mengendap-endap, cheetah ini berburu mengandalkan kecepatan larinya langsung. wuuuzzz...antelop dan kijang pun tersalip.

Sebelum memulai menuliskan cerita, terlebih dahulu saya browsing segala-gala hal tentang cheetah. Dan ini hasil pencarianku tentang cheetah:
1. Cheetah disebut juga chitraka dalam bahasa sansekerta yang berarti berbintik.  Penduduk Mozambik menyebutnya magwa.
2. Meskipun dikenal sebagai pemburu jitu, namun penelitian di lapangan menyebutkan bahwa hanya 40% sampai 50% saja usaha berburunya yang bisa mendapatkan korban.
3. Cheetah menjatuhkan binatang buruan tidak dengan terkaman di tengkuk buruan, namun dengan menjegal kaki buruan yang sedang lari kencang.

Ingin tahu lebih lanjut tentang dunia cheetah si ahli berburu? Kalian bisa langsung browsing atau minta bantuan orang tua kalian untuk menunjukkan website yang benar dan tepercaya. Selamat berburu berita.  ^_^


Baca juga ide cerita ini:
Cerber Petualangan Torei 01-02
Cerpen Kompas Anak Oto-Bot
Cerpen Bobo Lodik Landak

Baca juga cerpen dan dongeng ini:

2 comments:

fifadila dila said...

Cheetah adalah pelari tercepat di darat ^_^

FiFadila said...

https://fifadila.blogspot.co.id/2016/12/resensi-komik-muslim-cilik-sayangi-bumi.html