Tuesday, 7 March 2017

Cerita Cuaca: Bekerja Sama



Picbook Seri Cerita Cuaca adalah kerja sama asyik antara penulis, editor, ilustrator, layouter, dan beberapa pihak lain dalam kantor penerbitan. Saya beruntung sekali sewaktu Mbak Yenni Saputri selaku editor buku anak Tiga Ananda imprint Tiga Serangkai menawarkan kesempatan pada saya untuk menulis konsep picbook  Seri Cerita Cuaca  yang ditujukan untuk anak usia 5-8 tahun. Disodorkanlah konsep picbook sains sederhana yang ceritanya fokus pada tokoh cuaca, yaitu Matahari, Awan, Hujan, Petir, Angin, dan Salju.




Ini merupakan tantangan yang cukup menarik, pikir saya. Apalagi saya memang tertarik mempelajari dunia eksperiman dan sains bersama keponakan-keponakan yang selalu banyak pertanyaan. Pada awal menulis, saya memiliki kekhawatiran,bisakah saya membuat tulisan sains yang padat dan rumit menjadi sebuah tulisan picbook yang tidak membuat anak bingung? Selama  ini saya hanya berkutat pada cerpen panjang dengan jumlah kata 600an kata. Dalam membuat picbook Seri Cerita Cuaca, kalimat hanya dibatasi 2-4 per halaman. Bismillah. Saya pun bergerak. Mulailah buku-buku pelajaran keponakan yang duduk di kelas 1 dan 2 SD saya jarah. Wikipedia pun saya satroni. Kepala mulai pening membaca bahasa-bahasa teknis yang harus disederhanakan untuk pembaca sasaran usia 7-9 tahun.

Thanks God,  Mbak Editor yang jeli memberikan saya link-link website sains yang memang khusus untuk anak-anak dengan penjelasan sederhana dan mudah diterima anak-anak. Beberapa web sains khusus anak sebagai referensi diantaranya adalah: www.weatherwizkids.com, www.sciencekids.co.nz, www.scienceforkidsclub.com, www.alliantenergykids.com, dan beberapa website sejenis yang dirancang khusus untuk anak. Dari website-website tersebut saya mempelajari tidak hanya kontent tentang cuaca, namun juga membuat picbook sains yang sederhana dan bisa dipahami anak-anak. Beruntung sekali saya berkesempatan bekerjasama dengan Mbak Yenni Saputri untuk picbook Seri Cerita Cuaca ini.

Melalui Mbak Yeni pula saya mendapatkan Ilustrator Adipagi yang ilustrasinya manis, ceria dan tentunya sesuai dengan pembaca kelas 1-3 SD. Tokoh-tokoh Seri Cerita Cuaca pun menjadi hidup dengan sentuhan. Alhasil, kepala saya pun jadi terpikir meminjam cover-cover picbook Seri Cerita  Cuaca untuk dijadikan komik satu halaman. Tujuannya sih sekalian buat promo dan mengenalkan picbook Seri Cerita Cuaca kepada masyarakat. Semoga banyak yang tertarik dan akhirnya pada berburu ke toko buku terdekat. Amin. ^_^

Pada titik ini saya jadi sadar bahwa sebuah picbook adalah kerja sama yang tak terpisahkan antara penulis, editor, ilustrator dan seluruh kru penerbit. Sebuah buku terbit melalui proses diskusi panjang, ketat dan penuh perhitungan. Bahkan sampe debat-debat deh sama editornya, tapi tetep debatnya yang elegan dan dinamis untuk mencapai kesepakatan bersama demi kebutuhan pembaca yang dituju. Saya bangga menjadi salah satu penulis freelance di penerbit Tiga Ananda imprint Tiga Serangkai. ^_^






Baca juga :
Proses Kreatif Novel Mahkota Cahaya untuk Ayah Bunda
Workshop Cerpen Kompas Bali 2015

Baca juga Resensi ini:



7 comments:

Fifadila said...

Cerita cuaca ^_^

Eugenia Rakhma said...

Nice ,Fi. Kalau bukunya udah dateng, mau belajar juga ah bikin pictbook dari fakta-fakta gitu. Semoga bukunya laris manis dan disukai pembaca ya, Fi.

Naqiyyah Syam said...

Selamat ya Mbk atas buku barunya jadi pengen beli deh.

fifadila dila said...

Amin. terima kasih, Rara.
Hayuk, kembangkan picbook dalam segala tema. Semangat berkarya sepanjang masa ^_^

fifadila dila said...

Terima kasih menyempatkan mampir, Mbak Naqiyyah Syam. Buku seri cuaca sudah beredar di tobuk. Hayuk, diserbu... ^_^

meiFITA said...

Alhamdulillah, sudah punya.. mau jd reseller bs kah? Keren mba bukunya, anakku suka bangett (y)

fifadila dila said...

Alhamdulillah, Mbak Mei. Terima kasih ya. Menjadi reseller juga bisa, silahkan kontak CP di brosur ^_^